Review: Mulan (Movie 2009)

Film ini sebenernya udah banyak dikenal oleh kita2. Edisi kartun atau dalam OVJ juga pernah dibawakan. Yup, ini kisah tentang seorang wanita dari negeri Wen (China) yang menggantikan ayahnya wajib militer. Bedanya ini versi orangnya, tentu berbeda dengan OVJ yg banyak guyonnya doang, yang tentunya versi ini akan jadi lebih menarik untuk ditonton dan diambil pelajaannya.

Berawal dari serangan bangsa Rouran ke wilayah Bangsa Wei, akhirnya kerajaan Wei memanggil kembali keluarga tentara untuk turut serta mempertahankan wilayah. Namun sayang, ayah Mulah yg sudah tua dan sakit2an tidak memiliki anak lain selain Mulan yg seorang perempuan. Mulan yg memang dari kecil memang suka belajar beladiri akhirnya mencuri seragam perang ayahnya sekaligus menggantikan ayahnya pergi berperang.

Namun langkah Mulan sudah terhalang terjal sebelum perang dimulai. Hilangnya batu giok milik keponakan jendral membuat semua pasukan digeledah untuk menemukan siapa yg mencurinya. Penggeledahan itu berlanjut pada perintah untuk menanggalkan pakaian. Mulan yg seorang Wanita tentu enggan, bisa hilang kehormatannya, atau dia bisa ketahuan sebagai seorang wanita sehingga dia sekeluarga akan mendapat hukuman yang sangat berat. Mulan pun akhirnya mengaku bahwa dia yang mencuri (padahal Mulan tidak mencurinya) akhirnya Mulanpun terancam hukuman mati.

Silahkan liat trailernya dulu:

Pada saat hari hukuman mati untuk Mulan tiba, kerajaan Rouran ternyata menyerang Camp tentara Wei. Inilah awal prestasi Mulan. Mulan yg dikeluarkan dari ruang penahanan oleh Wentai (yg nantinya menjadi kekasih Mulan) mampu membunuh Jendral Rouran. Karena prestasinya itu Mulan diangkap menjadi wakil komandan dari Wentai.

Prestasi Mulan terus melambung, sampai akhirnya ia menjadi Jendral. Sampai akhirnya Mulan membuat sebuah kesalahan besar. Wentai yg memang sedang diserang oleh Rouran memerintahkan Mulan untuk melindungi persediaan. Akan tetapi Mulan yg terlalu khawatir dengan kekasihnya itu malah meninggalkan persediaan. Persediaan pun habis diserang bangsa Rouran (karena memang serangan terhadap Wentai hanya sebuah pancingan). Ayah Mulan pernah berkata: dalam perang harus menghilangkan perasaan, dan Mulan tidak memahaminya.

Pertempuran berikutnya Wentai (Kekasih Mulan) harus “gugur”. Inilah awal baru lagi dari Mulan. Mulan benar2 hancur kala itu, ketakutannya akan perang dan kehilangan kembali orang-orang yg dicintainya membuat Mulan menjadi seorang pengecut. Namun atas bantuan sahabat kecilnya, Tiger, Mulan yg rapuh bangkit kembali. Mulan akhirnya menjadi Jendral yg lebih hebat dari sebelumnya, bahkan lebih hebat dari jendral-jendral yg pernah ada di kerajaan Wei.

Sampai pada puncaknya, Bangsa Rouran, mengerahkan seluruh pasukannya yang mencapai 200.000 pasukan untuk menyerang Negara Wei. Tentu saja jumlah ini menggetarkan nyali Kerajaan Wei yg memang jumlah pasukannya tidak mampu menandingi bangsa Rouran.

Namun Mulan punya taktik jitu, ia dan 20.000 pasukannya akan memancing 200.000 kesebuah lembah sehingga pasukan bantuan akan mudah memanah musuh dari atas bukit. Namun sayang, semua rencana hampir digagalkan oleh badai pasir. Dan ketika Mulan dan pasukannya berhasil memancing Bangsa Rouran untuk membawa ke lembah yg direncanakan pasukan bantuan tidak kunjung tiba bahkan persediaan yg seharusnya disediakan dilembah Ngarai pun nihil. Mulan dan pasukannya pun terpojok, Mulan dan pasukannya di khianati oleh panglima negara Wei. Bangsa Rouran pun memulai pembantaian terhadap pasukan Mulan. Berhasilkah Mulan dan pasukannya bangkit mengalahkan bangsa Rouran. Silahkan download dan liat filmnya.

Film ini bagus! Sebuah kisah heroik yg begitu mengharukan. Menceritakan bahwa tidak ada seorang pun yg sempurna dan kehidupan itu seperti roda kadang di atas kadang dibawah, persahabatan dan ketaatan terhadap pemimpin. Dan masih banyak lagi pelajaran yg kita ambil dari film ini.

Download Mulan Muvie: CD1CD2
—————————————-
Download Subtitle Indonesia
Download Subtitle English

Tengkyu Buat Cinema3satu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s