Transfer Data dengan Burung Dara

Mungkin kamu-kamu udah tahu apa itu merpati pos? Yupz, katanya pada zaman perang dunia pertama burung dara / merpati untuk kali pertama di gunakan untuk mengirim pesan. Karena ternyata mengirim pesan dengan merpati jauh lebih cepet dari pada seorang kurir atau prajurit pengirim pesan. Tentu saja merpati yang digunakan hanya jenis tertentu, yakni yang dikenal dengan Merpati Pos, yang memiliki daya kuat untuk terbang jauh dan memiliki daya ingat pada tempat atau rumahnya.

Nah, apakah merpati pos masih dipake pada zaman sekarang??? Wah jadul banget, sekarang kan udah ada Telpon, HP, Intenet, ko masih pake merpati pos? Klo pengen pesen singkat tinggal sms hitungan detik nyampe. Pengen kirim foto udah ada pesbuk, picasa, flicker, dll. Klo pengen kirim data yang agak besar misal 1 GB, ya elah udah banyak yg nyediain hardisk fiktif macam 4shared, rapidshare, sky drive yg bisa nyampe 25 GB, ato yg dari Indonesia macam Indowebster, tinggal upload ke situ entar didownload ama orang yg dikirim.

Tapi gimana klo kita hampir setiap hari butuh kirim-kiriman data yang lumayan gede sedangkan koneksi internetnya leletnya minta ampun? Nah sebuah perusahaan teknologi informasi di Afrika Selatan telah membuktikan bahwa transfer data memanfaatkan burung merpati pos jauh lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan transfer data ISP terbesar di negeri tersebut.

Unlimited IT, perusahaan telekomunikasi tersebut frustasi dengan kecepatan pengiriman email mereka. Akhirnya mereka memutuskan untuk menggunakan jasa Winston, seekor burung merpati berusia 11 bulan, untuk membawa data dalam memori flash berkapasitas 4GB.

Winston kemudian terbang dari kantor Unlimited IT di Pietermaritzburg ke kantor yang ada di Durban, sejauh 80 kilometer. Bersamaan dengan berangkatnya Winston, seorang karyawan Unlimited IT mengirimkan data yang sama lewat internet menggunakan jalur ADSL Telkom, ISP terbesar di negeri tersebut.

Dua jam enam menit dan 57 detik kemudian, Winston sudah tiba di kantor tujuan dengan paket kartu memori flash yang dititipkan padanya. Sementara data yang dikirimkan via internet, baru selesai terkirim 4 persen saja.

Metode pengiriman data ini dilakukan karena kekesalan Unlimited IT terhadap koneksi internet sudah mencapai puncaknya. Sebagai informasi, perusahaan itu memiliki 11 call center di pelosok negeri dan selalu mengirimkan data ke cabang-cabang perusahaan. Bayangkan saja jika transfer ke 1 cabang butuh waktu dua hari, 11 kantor berarti hampir satu buulan. Padahal hampir setiap hari ada data baru yang harus di transfer baik dari cabang ke pusat atau pun dari pusat yang menyebarkan kembali ke cabang-cabang lain.

Nah klo kamu-kamu punya koneksi internet lelet tapi butuh transfer data cepet, Merpati Pos bisa jadi solusi. Hehehe…

Sumber: Majalah Bobo dan VivaNews.com

2 thoughts on “Transfer Data dengan Burung Dara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s