Batik Indramayu

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa Indramayu juga memiliki batik dengan motif yang khas. Karena motifnya yang khas maka batik ini disebut batik Indramayu dan karena daerah pusat kerajinannya ada di daerah Paoman (sekitar kota Indramayu), maka banyak disebut sebagai batik Paoman.

Jika dilihat dari jenis pola-pola yang ada, batik Indramayu termasuk dalam jenis Batik Pesisir. Mayoritas motif batik yang digunakan di Indramayu hadir dalam kegiatan penangkapan ikan di laut. Motifnya banyak mendapat pengaruh dari gambar atau motif kaligrafi dari Arab, Cina atau daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Karakteristik menonjol dari Batik Indramayu adalah ranggam dinyatakan flora dan fauna, dengan borgol dan banyak garis lengkung yang lancip (riritan), latar belakang putih dan warna gelap dan banyak titik-titik yang dibuat dengan teknik cocolan jarum, dan bentuk dari isen-isen (sawut) yang pendek dan kaku.

Beberapa motif dari batik Indramayu seperti Motif Etong yang menggambarkan berbagai satwa laut seperti ikan, udang, cumi, ubur-ubur dan kepiting. Motif Kapal Terdampar menyiratkan bahwa kapal nelayan . Motif Ganggeng yang menjelaskan jenis rumput laut yang ditemukan di Pantai Utara Jawa. Sedangkan motif Kembang Gunda adalah tanaman yang tinggal di pesisir pantai dan bisa menjadi lauk pecel. Selain menjelaskan kegiatan di pesisir, batik motif khas Indramayu juga menggambarkan bahwa ada kegiatan sehari-hari seperti Motif Swastika, Motif Merak Ngibing, Motif Kereta Kencana, dan Motif Rombeng Jati. Motif Swastika diilhami oleh masa penjajahan Jepang, menggambarkan simbol kekerasan yang terjadi selama penjajahan Jepang. Merak Ngibing diilhami oleh motif yang indah burung merak. Sementara motif Kereta Kencana merupakan gambaran Raja Wilarodra yang sedang berada di kandang kuda kerajaan (dari: wiralodra.com).

Seni Batik Indramayu juga mengenal Teknik Tarian. Teknik tarian ini adalah dalah proses membatik Membatik, sebuah ekspresi dalam sehelai kain polos tanpa outline/sketsa, langsung diguratkan cairan malam (lilin). Prosesi ini bagai menari atau bermeditasi.

Nah silahkan menikmati kerennya Batik Indramayu:

Klik pada gambar untuk memperbesar

7 thoughts on “Batik Indramayu

  1. ….
    Betul-betul pertama kali mendengar tentang hal seperti ini..
    Sekalipun beberapa lama mengurus sites tentang Batik dan membantu teknis di bajubatik.org tapi..

    Saya baru tau kalau flora dan fauna itu lebih kearah Batik indramayu.. (ada juga mega mendung..).

    Walau sekarang model Bastik sudah demikian modern dan sangat atraktif dan berpadu dengan Banyak budaya.

    Luckman R

    • Batik Indramayu emang jarang di kenal mas Luckman, krn pemasaran yg kurng baik dan alasan lainya. Padahal batik Indramayu juga memiliki motif yg unik…

  2. Siang pak Rosyadi saya penggemar batik dan tulisan bapak mengenai batik Indramayu sangat menarik, kebetulan saya sudah mempunyai 1 batik Indramayu, hanya saja kehilangan kontak dengan pengrajinnya, apakah bisa minta alamat dan nomor telepon para pengrajin di Indramayu?

    Terimakasih banyak atas bantuan bapak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s