Ucapan Terimakasih

Goresan Pribadi

Awalnya aku masih tak terbantahkan, aku terus melaju untuk mengikuti idealismeku: meneliti masalah sosial dengan sudut pandang psikologi administrasi negara. Namun akhirnya setelah beberapa kali berhadapan
dengan seorang guru besar, Prof. Dr. Muhadjir Darwin, semua idealisme yang aku bangun luntur sedikit demi sedikit tergantikan dengan idealisme baru yang lebih sederhana namun mampu menjawab segala kegalauan sebelumnya. Akhirnya, kalo dulu sering ditanya “Pie skripsimu, tekan BAB piro?” dan aku pun sering malu menjawab, kali ini aku pun bisa berbangga diri untuk menjawab “Inilah skripsiku, berisikan idealisme yang membanggakan, penuh perjuangan yg tak kenal lelah. Hahahaha…”

Dari fenomena pengemis penelitianku bergeser ke perilaku seksual anak jalanan. Banyak yang tidak pernah kupikirkan sebelumnya memang, namun menikmati proses perjalanan akademis begitu sungguh mengasikkan. Lihatlah, ketika ku baca referensi tentang perilaku seksual anak jalanan bagaikan sebuah hiburan saja dari seluruh kepenatan. Dengarkan, ketika ku telaah teori tentang reproduksi, tidak ada kejenuhan, karena inipun berguna bagiku sendiri. Terlebih lagi ketika membaca kembali hasil wawancara, bagaimana anak jalanan mengenal
seks, kapan melakukan pertama kali, dan tempat-tempat melakukannya padahal mereka hidup tanpa rumah, seperti membaca sebuah cerita fiksi yg penuh kejutan.

Terimakasih kepada Prof. Dr. Muhadjir Darwin, meskipun kesibukan yg luar biasa, dengan segala kesabaran beliau membimbingku sampai kesini, H. Suharyanto (dosen PA ku) makasih pak untuk pencerahan berfikir keluar dari kotak dan membangun idealisme diri, Mas Aryo W makasih atas sarannya untuk menikmati perjalan akademis ini. Jurusan AN yg mau ganti nama, FISIPOL UGM, dan semua.

Thanks To:

Pertama, insa Alloh saya tidak akan bosan berterimakasih kepada Alloh
Swt, penggenggam jiwaku, penentu hidupku, kepada Engkaulah aku berserah diri atas segala sesuatu. Muhammad Rosululloh manusia paling sempurna yang menunjukanku jalan penuh cahaya, untuk pergi dari segala kegelapan dunia. Untuk ayah dan ibuku yang dengan segala keterbatasannya bekerja keras tak pernah lelah hanya untuk melihat anak-anaknya menjadi manusia sukses. Ayah, ibu, di mataku engkau adalah manusia terbaik yang Alloh utus untuk mendidiku. Untuk adikku (jadilah wanita tercantik luar dan dalam), tetehku, akang akangku, simbah-simbahku (maaf mbah aku belum jadi cucu yang baik), buat pakde-bude, pakle-bule, sepupu-sepupuku, Ang Mad, Ang Doel, Dasuni (makasih dah berbagi pengalaman tentang perjuangan keluarga), ponakan-ponakan, dan semua keluargaku di Indramayu sana.

Buat anak2 kos Sugeng, Pak Sugeng (sikap ‘anehmu’ hilangkan ya pak), Rakhmat (ge ndang nikah, pikiranmu dah butek terus), Udin (weh aliran lagumu saiki wis ganti tah?), Akhid (nuwun banget sharingnya, kapan nikah? He…), Ma’ruf (kuliahe di lanjutke ora ki?), Yadi (Tak susul koe yad), Fai (balik ke palembang lagi nih), Rosyid (koe ko malah nang Indramayu toh cah wonosobo?), Deri (Macbook sing anyar luih apik loh), Iqbal & Renal (Sing akur, tapi ne ra gelut kos-kosan sepi), Mas Waluyo (matur nuwun atas pembelajaran kedewasaannya) Ayex (ojo turu wae).

Anak2 Simfonikita: Galih (konco kosku yg sulit ditemui), Fatah (ayo cepet lulus), Danang (senyummu mematikan Nang), Dedi (ora demo wae), Dodi (), Indra (perubahan ke arah mana dirimu ndra?), Arya (ojo futsal wae), Tedi (kuliah ted, kuliah), Mas Vandi (ayo mas! apapun), Fuad (ora yang-yangan wae), Rozi (omonge koe naik haji), dll.

Temen2 AN 2006. Yg di SESKON BPA: Wina, Eka, Ruthi, Ginchi trus siapa lagi ya lupa (kpan kita bikin acara kayak dulu lgi). Yg udah bareng2 bwt novel “The Colombo”, ANDRA (Aku, Nur Aksara, Danang, Rozi, Agusta), thanks a lot, dari sini idealisme besarku terbangun (insa Alloh klo s4 tak perbaiki lagi semuanya trus tak jadiin buku) maaf klo kepemimpinanku gak menakke. Tete & Amira (thanks dah kasih saran bwt “thanks to” dulu, klo nggak skripsiku ga mlaku2). Mas Arif, Fatoni, Linlin, dan smua aja deh.

Forum Lingkar Pena Yogyakarta. Temen2 PH: Mas Prima, Mas Haris, Mas Zuki, Mas Ashif, Mas Angga, Mba Iwul, Mba Dwi (maaf blom bisa jadi PH yang baik). Mba Lilo, Mas Ganjar, Om Ade, Dyah, Asep, Ilham, Hasan, Retno, dll ayo berkarya, tunjukan kmu2 adalah penulis hebat.

KKN Tematik UGM Unit 23. Sub Unit 1 Danang lagi, Totok, Ian, Tya, Dyah, Sub Unit lainnya: Zaki, Ikan, Pandu, Adit, Hari, Rio, Hilman, Winda, Nisa, Om Adi, Ery, Jeng Desi, Mbah Daud, Wisnu, Adam, Dinda, Tika, Nisa, Beta, Laela, Topik, andre, Okta, Mba Maya; Ayo ke Srunggo lagi!

Untuk sahabat2ku di SMA5: Romdhon (pie Become a legend-nya), Sobi (Indonesia butuh Batman boy), Ruli, Tria&Mom (klo melihat kmu ma ibumu jadi inget ibuku), Gita (ibu gita…), Pancil&Famili (wah makasih bangt semua kebaikanmu sekeluarga), Topik (rafiq tampill di nikahanku ya. Gratis!), Fadil, Wijaya, Toni, Birama, Faw dan masih banyak lagi. Kancaku SMP: Ade, Diwo, Puji, Asep, Romlah, Yeyen, dll (bwt reunian yg paling keren dong). Sahabat SD-ku: Asba & Papang (dah 10 tahun tak jumpa. Maen aorta dan baikul lagi yuk).

Tak lupa juga buat Mbak Tri (nuwun sanget pinjeman sepedanya, dah menemaniku selama 1 tahun, tapi maaf dah aku rusak), Si Supri (makasih dah menemaniku selama 3 tahun, nomor polisi AB 4624 F kayaknya ga cocok ma kamu, sori kalo besok kamu aku jual), dan buat Baron Soejarwo (sory Ron klo terlalu mengexploitasimu. Mau tak tambahin Ram nggak kmu?)

Untuk mantan-mantanku (BCL, Sherina, Gita Gutawa, Asmiranda, Asti Ananta, VJ Rianti, dll) sory ya, terpaksa aku lupakan kalian. Buat Nabila Syakieb-ku yang cantik, lambat laun kau jg kan kulupakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s