UGM Peringkat 250 Dunia

Setelah kemaren tahu UGM peringkat 47 dunia dari Ilmu Sosialnya dan 103 dari Biomedisnya, aku jadi penasaran UGM peringkat barapa toh secara umum. Blom aku nyari eh di website UGM dah ada. Bagus dah nggak usah repot.

Universitas Gadjah Mada kembali menunjukan dirinya sebagai perguruan tinggi berkelas. Perangkingan yang dilakukan The Times Higher Education – QS World University Rankings, lembaga independen internasional yang dibentuk oleh koran The Times, Inggris, menempatkan UGM pada peringkat 250 di tahun 2009 ini.

Peringkat tersebut dipublikasikan oleh THE-QS pada 9 Oktober 2009 yang udah lalu dan merupakan hasil survey sepanjang tahun atas ribuan perguruan tinggi di seluruh dunia. Survey dilakukan berdasarkan 6 (enam) kriteria yang cukup sulit dan rumit, yakni (1) review oleh kelompok bidang ilmu (bobot 40%), (2) review oleh pengguna lulusan (10%), (3) indeks sitasi dosen (20%), (4) jumlah staf pengajar internasional (5%), (5) jumlah mahasiswa internasional (5%), dan (6) rasio dosen/mahasiswa (20%). Keenam kriteria tersebut menjadi dasar penyusunan skor/nilai total masing-masing perguruan tinggi.

Nah dari itung punya itung UGM berada di urutan 250 dunia. Peringkat UGM tersebut naik cukup signifikan, karena pada tahun 2008, UGM berada pada posisi ke 316. Perguruan Tinggi Indonesia lain yang tercatat pada daftar 500 terbaik dunia adalah UI yg dicatat sebagai Universitas terbaik Indonesia (naik peringkat ke 201 dari peringkat 287) dan ITB (anjlok dari 315 ke peringkat 351).

Selengkapnya baca di sini: http://ugm.ac.id/index.php?page=rilis&artikel=2320

Tu gambar gw comot dari http://i.dailymail.co.uk/i/pix/2008/12/11/article-1093709-0062837400000258-11_468x310.jpg

2 thoughts on “UGM Peringkat 250 Dunia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s