Kangen Karedok

IMG-5444Kangen sama KAREDOK buatan ibu….

Temen tentu tahu kan karedok tuh apa? Apa? Blom tahu? Ya udah, sekalian ngasih tahu, karedok itu salah satu makanan khas Indonesia. Tepatya aku nggak tau, tapi aku mengenalnya di daerah asalku, Jawa Barat.

Karedok dibuat dengan bahan-bahan sebagai berikut antara lain ketimun,tauge, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong. Sedangkan sausnya dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam, terasi.

Sayurannya itu masih mentah, jadi nggak dimasak dulu kayak lotek. Bikin melek dah pokoknya… Uenak….

Klo pengen buat ini nih tak kasih menunya dari ne.jp

Ukuran porsi: 4 orang

Bahan-bahan

Sayuran

:

  • 100 gram timun, potong tipis
  • 100 gram taoge
  • 3 lembar kol, iris halus
  • 100 gram kacang panjang, potong ukuran 3 cm
  • 25 gram daun kemangi
  • 100 gram bengkuang, potong bentuk dadu
  • Klo di daerahku ada juga yang pake Leunca (makanan apa tuh??? Tanya sama mbah google ya) tapi aku kurang doyan ma leunca…

Saus:

  • 2 buah cabai merah
  • 1 siung bawang putih
  • 5 buah cabai rawit
  • 1/2 sendok teh kencur
  • 200 gram kacang tanah, sangrai
  • 1 sendok makan air asam
  • 1 sendok makan gula merah
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh terasi matang
  • 150 cc air panas

Pelengkap:

  • 100 gram emping goreng
  • Klo aku sih lebih suka krupuk. MANTAP!

Cara ngebuatnye….

Saus: haluskan cabai merah, bawang putih, cabai rawit, kencur, kacang tanah, gula merah, garam, dan terasi matang, lalu tambahkan air asam dan air panas, aduk rata.

Masukkan semua bahan sayuran, aduk hingga rata, lalu taburi dengan emping goreng di atasnya, sajikan. Jangan lupa krupuknya. Mmmmmm….

Jadi tambah kangen…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s