Renungan Rentetan Gempa Indonesia

Sodaraku, sahabatku, teman-teman semua, rentetan gempa telah terjadi di negeri kita tercinta Indonesia. Entah berapa banyak gempa yang terjadi. Namun pastinya kita masih ingat tsunami di Aceh tahun 2004, Jogja pada tahun 2006, Jawabarat beberapa bulan yang lalu, dan baru-baru ini adalah gempa di Sumatra Barat.

Beberapa orang menyebutnya ini hanyala sebuah gejala alam. Atau yang lebih sadis menyebutnya sebagai gejala alam. Aku tidak akan menyalahkan mereka, karena toh mereka punya teori untuk menguatkan pendapat mereka sendiri. Namun yang saya temukan begitu sangat mengagetkan, terutama bagi diri saya sendiri. Jika kita melihat waktu terjadi gempa lalu saya hubungkan ke ayat-ayat dalam Al Qur’an, sebuah fakta baru yang terkadang kita tidak menyadarinya akan kita temukan.Saya fikir ini benar-benar kuasa ilahi. Bukan suatu kebetulan belaka. Mari kita simak ayat-ayat Alloh yang berhubungan dengan terjadinya gempa bumi di Indonesia.

Ibrohim ayat 52 (Pukul 14:52 Wib)

Quran Surat Ibrohim ayat 52:  (Al Quran) Ini adalah penjelasan yang Sempurna bagi manusia, dan supaya mereka diberi peringatan dengan-Nya, dan supaya mereka mengetahui bahwasanya dia adalah Tuhan yang Maha Esa dan agar orang-orang yang berakal mengambil pelajaran.

Almaidah Ayat 55 (Pukul 05:55 Wib)

Quran Surat Al Maidah Surat ke 5 ayat 55. Sesungguhnya penolong kamu hanyalah Allah, Rasul-Nya, dan orang-orang yang beriman, yang mendirikan shalat dan menunaikan zakat, seraya mereka tunduk (kepada Allah).

Ini adalah waktu terjadinya gempa di Jogjakarta. Pukul 05:55 WIB. Gempa di Jogja seakan mengingatkan kita untuk selalu mengingat Alloh. Ada cerita menarik ketika terjadi gempa di Jogja.

Ada seorang Ibu-ibu yang sudah berumur di atas 60an sedang menunggu sebuah warung makan langgannannya. Dia setia menunggu untuk membeli bubur untuk sodaranya yang sakit. Namun sampai pukul 6 pagi warung itu yang biasanya sudah buka belum juga buka. Sang ibu pun bingung, karena disamping warungnya tidak buka pada waktunya, banyak orang berlarian panik.

Sesorang menegur ibu tersebut. “Sedang apa disini bu? Ko malah matung?”. Dengan polos ibu itu menjawab “Sedang nunggu warung buka, mau beli bubur”.

“Lo ibu gimana toh, lagi gempa bu, liat tuh rumah yang jualan aja ambruk”

“Inalilahi, ternyata gempa toh..”

Sekembalinya dirumah ibu itu pun tetap tenang karena rumahnya yang hanya menggunakan tanah/bukan semen dan pasir untuk merekatkan batu-batanya masih utuh berdiri, padahal rumah para tetangganya yang sudah terbilang modern, ambruk.

Ternyata Ibu tersebut memang kuat ibadahnya. Ini bukan suatu kebetulan…

Surat Al Isro Ayat 16 (Pukul 17:16 Wib)

Quran Surat Al Isro Surat ke 17 ayat 16. Dan jika kami hendak membinasakan suatu negeri, Maka kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya mentaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, Maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan kami), Kemudian kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya.

Ayat di atas diambil dari kejadian gempa di Sumatra Barat. Pukul 17:16 WIB. Di atas tertulis jelas bahwa Alloh menyuruh orang-orang yang hidup mewah untuk menaatiNYA, namun mereka melakukan kedurhakaan di dalam negerinya. Kemudian Alloh hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya.

Ingatkah bahwa sebentar lagi adalah pelantikan anggota dewan? Ingatkah bahwa anggota dewan adalah orang-orang mewah? Ingatkah bahwa anggota dewan itu mengemban amanah rakyat? Dan ingatkah beberapa kasus dan kelakuan anggota dewan saat ini? Sungguh jauh dari yang kita harapkan. Jelaslah sudah bahwa gempa di Sumbar ini merupakan teguran bagi Alloh, bahwa kita, terutama mereka yang dalam kemewahan, peduli akan rakyat, Alloh mengingatkan bahwa anggota dewan duduk dikursi empuk adalah demi kepentingan rakyat, dan Alloh mengingatkan kita semua untuk saling nasehat menasehati dalam kebenaran…

Dan dibawah ini di ambil dari kejadian tsunami aceh… Pukul 07:59 WIB.

Al-A'rof ayat 59 (Pukul 7:59 Wib)

Quran Surat Al A’rof surat ke 7 ayat 59. Sesungguhnya kami Telah mengutus Nuh kepada kaumnya lalu ia berkata: “Wahai kaumku sembahlah Allah, sekali-kali tak ada Tuhan bagimu selain-Nya.” Sesungguhnya (kalau kamu tidak menyembah Allah), Aku takut kamu akan ditimpa azab hari yang besar (kiamat).

Ayat ini saya ambil tepat dengan kejadian tsunami di aceh. Pukul 7 lebih 59. Alloh menceritakan tentang Nabi Nuh. Seorang nabi yang membuat bahtera yang sangat besar untuk menyelematkan pengikutnya dari banjir yang begitu hebat. Namun pengikutnya banyak yang ingkar.

Di Aceh Alloh kirimkan tsunami, banjir dari laut yang menyapu segala kesombongan manusia.  Tsunami yang mirip dengan cerita Nabi Nuh Alloh kirimkan ke aceh pada pukul 7:59. Surat ke 7 ayat 59. Masihkah kita berfikir ini hanya sebuah kebetulan???

Semoga kita mampu menggunakan otak kita untuk berfikir. Karena orang-orang yang berfikir itulah yang memahami kebesaran Tuhannya.

Wallohu’alambishoab…

8 thoughts on “Renungan Rentetan Gempa Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s