Hasil Pemilu Legislatif 9 April 2009 (Prediksiku)

hasil-poling

Besok tanggal 9 nyontren, siapa ya yang menang…??? HUFF… saya tidak bermaksud menjadi ahli ramal, atau pun menjadi bagian dari anggota Lembaga Survey tertentu. Namun just mencoba memproyeksikan saja, partai mana saja yang akan paling banyak mendapatkan suara. Nah, beberapa bulan yang lalu saya memasang polling di blog saya ini termasuk juga diblog saya yang satunya lagi. Pertanyaanya sama, “partai manakah yang anda yakini mampu membawa Indonesia ke arah yang lebih baik”. Dan inilah hasilnya… diatas ntu..!

Apakah hasil di atas dapat di jadikan acuan? Tentu tidak. Hal ini dikarenakan hasil di atas hanya berupa polling yang dilakukan kepada para pengguna internet yang nyasar di Blogg-ku. Sedangkan masyarakat non pengguna internet, atau pengguna internet yang tidak mampir ke blogg-ku tidak terjamah. Tapi marilah kita prediksi, meskipun kemampuan saya masih sangat kurang, namun saya mencoba berusaha menggambarkan apa yang akan terjadi pada pemilu 9 april nanti.

Hal yang luar biasa di capai oleh PKS, dari hasil poling mereka mencapai titik 40 %. Apakah mereka benar-benar akan mencapai titik tersebut? Jawaban saya adalah “TIDAK”. Hasil poling mencapai angka 40 % adalah karena poling ini dilakukan dengan menggunakan media internet dan pengguna internet rata-rata masih para pelajar dan mahasiswa yang notabenenya memang sumber suara partai berhaluan islam ini. PKS memang terus menunjukan diri sebagai partai yang bersih, dan inilah kekuatan yang dimiliki PKS untuk dipilih oleh rakyat. Namun PKS sampai saat ini tidak memiliki tokoh central yang kuat. Penokohan Hidayat Nurwahid belumlah sekuat tokoh central yang ada di Parpol-parpol lain. Inilah yang menjadi titik lemah PKS, meskipun memang dilain sisi hal ini adalah merupakan kekuatan tersembunyi. Saya mencoba berprediksi PKS hanya akan mencapai titik 13-15 % suara artinya kurang 5-7% dari target mereka. Kecuali jika mereka mampu mencapai level grassroot yang menjadi basis partai-partai besar seperti Golkar dan PDIP.

PDIP memperoleh 4,2%. Apakah itu mungkin? Mungkin aja, tapi kecil. Pada poling di blog saya PDIP hanya mencapai 4,2% karena memang lumbung suara PDIP ada di grassroot. Namun jika mencermati langkah politik PDIP, ternyata PDIP melakukan blunder. Yakni pada kasus BLT. Mereka menolak BLT, padahal para pemilih PDIP adalah kebanyakan butuh dan menerima BLT. Dari kasus ini saya memprediksikan suara PDIP turun 2-5%. Berkisar antara 15-17% suara saja. Keunggulan mereka ada pada tokoh central Megawati.

Golkar mereka 2,8% suara. Fenomena pemilih Golkar pun hampir sama dengan PDIP. Bedanya Golkar tidak melakukan blunder politik melainkan suara mereka akan tersedot oleh Demokrat, Hanura, dan juga Gerindra. Hal ini tentu disebabkan adanya perpecahan tokoh-tokoh Golkar. Yang teranyar adalah ketika Sultan Jogja ngambek karena pencalonannya menjadi presiden tidak di dukung Golkar. Kelemahan kedua, saat ini pun penokohan Jusuf Kala masih belum bisa dikatakan berhasil. Keadaan ini membuat saya berprediksi bahwa Golkar akan melorot menjadi 17-19 % saja.

Gerindra dan Demokrat sama-sama memperoleh 14,2% suara. Manuver hebat yang dilakukan oleh Gerindra dan juga program-program yang cukup baik membuat partai ini menjadi pusat perhatian oleh pemilih. Penokohan Prabowo Subianto pun dapat dikatakan berhasil. Luar biasa! Kelemahan partai ini hanyalah masih bau kencur saja. Sehingga masih butuh kepercayaan mendalam dari pemilih. Prediksi saya mereka akan mencapai angka 6-8% dipemilu nanti.

Sedangkan Demokrat, mereka diuntungkan karena demokrat memiliki SBY. Sehingga saya sendiri menilai ini bukan partai demokrat tapi partai SBY. Tidak bisa dibilang tidak jika dikatakan SBY saat ini menjadi tokoh paling populer mengalahkan hampir semua calon presiden yang lain. Sebagai incumben tentu mereka memiliki modal besar untuk meraih simpati rakyat. Selama ada SBY, Demokrat akan menjadi partai yang besar. Angka 9-11% pun kemungkinan dapat diraih. Namun bisa jadi mereka dapat memperoleh suara 14-17 % dan menjadi pemenang dalam pemilu legislatif 2009. Tergantung bagaimana mereka menjaga momentum.

PAN 4,2%,. Pergantian dari Amin Rais ke Sutrisno Bachir sebenarnya menimbulkan masalah yang tidak kasat mata. Masalah itu tentu akan berpengaruh pada perolehan suara PAN nantinya. Namun dengan slogan “hidup adalah perbuatan”nya dan perbuatan adalah beriklan, Sutrisno bachir mencoba menjadi tokoh baru dari PAN. Berhasilkah? Saya memprediksikan 4-6% suara milik PAN.

PKB 2,8% suara. Hilangnya Gusdur dari PKB tentu akan sangat banyak berpengaruh pada perolehan suara PKB. Hal ini dikarenakan Gusdur adalah tokoh dari kesuksesan PKB saat ini. Singkat saja prediksi saya mereka akan merosot suaranya menjadi 4-6% suara saja.

Lain-lain 17,1%. Hal yang paling menarik dari pemilih lain-lain adalah 50% dari mereka mencatatkan nama PKI (partai komunis Indonesia). Ini artinya jika partai komunis Indonesia yang sudah dilarang ini masih ada dan ikut dalam pemilihan umum 2009 mereka akan mendapatkan sekitar 8,5% suara. Saya sendiri memprediksikan mampu mendulang 10% suara.

Dan inilah hasil prediksi saya yang tidak memakai perhitungan yang njlimet, tapi hanya menggunakan analisa sederhana saja.


prediksi-2009

maaf kemaren grafik/gambarnya salah jadi aku ganti

Partai di atas otomatis lolos parliemantary threshold. Lalu partai lainnya akan berebut 10% suara sisa untuk dapat lolos ambang batas. Saya berprediksi yang akan meramaikan adalah partai Hanura, PBB, PDS, dan PBR. Sedangkan yang lainnya saya prediksi sebagai penghibur pemilu 2009 saja. Artinya kemungkinan mencapai suara minimal akan sangat sulit.

Wallohu’alam Bishowab…

13 thoughts on “Hasil Pemilu Legislatif 9 April 2009 (Prediksiku)

  1. hasil sementara 4 besar
    1. Demokrat 20.2%
    2. Golkar 14.6%
    3. PDIP 14.2%
    4. PKS 8.6%
    Nice prediction, tapi yang Gerinda sedikit melenceng ya???
    Tapi boleh juga….

  2. Yupz…….
    Matur nuwun semua…..
    Tapi biasalah politik tuh sebenernya dinamis banget, jadi susah-susah gampang kalo memprediksi. Kecuali kalo pake quick count… bisa lebih tepat tuh… Kalo ini mah baru berdasarkan analisa sederhana aja. hehehe..🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂

  3. hei kontolllll……Waktu lalu analisa kau bilang PKS,
    Terbukti jauhnya partai berjenggot itu bah….sia-sia aja kau pura-pura jadi analis, makanya elo kalo tidak punya ide…DIAm

    HIDUP PDIP
    HIDUP PDIP
    HIDUP PDIP

    MEGA PRESIDENNNNNNNNN PILIH MEGA BAH

    • Sopan bung… !
      Seingat saya…. saya ga pernah menomorsatukan PKS???
      Dan saya pun tidak pura2 menjadi analisis hanya mencoba memproyeksikan… berbeda loh…!
      Hmmmm ini juga sama neh…. orangnya cuma satu tapi namanya bikin banyak. Hey bung lu itu kan si KG alis BA kan??? Pantes bahasanya sama…

Leave a Reply

