Memilih Caleg Yang Baik

Ngelanjutin yang sebelumnye nih…
Kemaren kan aku bilangin bahwa sikap caleg/Parpol itu tercermin dari bagaimana cara dia berkampanye. Nah jadi… sebelum memilih, maka kita menilai dulu kompetensi, sikap, de el el dari caleg/Parpol kita melalui mengamati cara dia berkampanye. (Tapi saya lupa, dari mana saya dapet ide sebagus ini. Kalo nggak salah saya baca selembar kertas di Masjid Apung UGM deket jembatan Macdonald deket teknik itu loh… tau?)
Nah ini nih cara mencermatinya….

  1. Kalo pas kampanye Parpol/Caleg nggak bisa ngatur massanya, peserta kampanyenya semrawut, gak tertib, maka lebih baik pikir ribuan kali deh buat milih Parpol/Caleg ini. Ngurus massa kampanye aja ga becus, apa lagi ngurus negara yang gede.
  2. Kalo pas kampanye Parpol/Caleg selalu mempertontonkan musik dangdut ato yang hiburan lainnya yang mengedepankan erotisme, penyanyinya ga pake baju, menjurus pornoaksi, mending jutaan kali deh berfikir buat memilih Parpol/Caleg ini. Soalnya kemungkinan besarnya adalah kalo dah jadi pemimpin mereka akan membawa kita kebobrokan moral, perontokan nilai-nilai agama, dan melanggar undang-undang tentunya.
  3. Kalo pas kampanye Parpol/Caleg sering bagi-bagi duit, mending pikir bener-bener deh pake otak, pake akal sehat. Nggak mungkin kan mereka mau rugi? Yang ada mereka pengen balik modal, artinya kemungkinan besar jadi koruptor, menggerogoti duit rakyat.
  4. Kalo pas kampanye Parpol/Caleg sering banget nyari-nyari kekurangan dan kesalahan orang lain, mending suru ke laut aje deh tu Parpol/Caleg. Soalnya mereka cuma mencoba nutupin kelemahan dan kebobrokan diri sendiri. Bahkan neh, biasanyo… mereka tu lebih buruk dari yang diomongin keburukannya. Busyet deh…
  5. Kalo pas kampanye Parpol/Caleg sering berjanji ini itu tapi tidak memiliki program yang jelas, malah bisanya cuma ngritik program yang dimiliki orang lain, mending disimpen aja deh niat memilihnye. Soalnye nih, kalo dipilih yang ada cuma bisa utang janji, urusan nepatin: “meneketehe…!”. La wong dia nggak punya program bwt menang ko?!

Lalu bagaimana jika Parpol/Caleg kita kali ini semuanya seperti di atas? Mudahnya pilih yang paling sedikit yang kayak di atasnya ntu. Misalnya cuman opat, tapi kalo ada yang bersih dari itu semua, hmmm… itu yang paling siap jadi pemimpin Indonesia. Pilih lah mereka yang bener-bener ingin berjuang demi rakyat..! Semoga hasil pilihan kita nanti adalah bener-bener orang yang amanah… Amin…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s