Akhirnya Jadi Juga

Setelah melakukan riset puluhan tahun dan menggelontorkan dana bermilyar-milyar rupiah, akhirnya proyek raksasa saya tercapai sudah. Lega rasanya. Rasa capek yang luar biasa seakan terbalas tunai. Tidak ada yang bisa menggantikan kebanggan dan kebahagian keberhasilan proyek ini. Sungguh luar biasa…

Ngomongin apa sih? Kalimat di atas itu terlalu hiperbola. Aslinya proyeknya hanya memakan biaya puluhan ribu rupiah saja dan waktunya hanya hitungan hari. Proyek apa itu? Jrennnnnnnggggggg…. Proyek membuat blog di Blogspot. Hahaha.. kalian tertipu ya?! Jangan marah loh…

Begini ceritanya, blog saya yang pertama itu di Multilply, alamatnya arrosyadi.multiply.com. Tapi sebenernya ga niat buat log di situ sih, itu karena kepepet aja. Ketika saya ingin download ceramahnya Zainudin MZ di Multiply, ternyata mesti terdaftar dulu sebagai member, dengan sedikit terpaksa akhirnya saya mendaftar di Multiply. Tapi sekarang tidak pernah saya urus lagi.

Beberapa bulan kemudian, teman-teman kos saya ramai membicarakan tentang blog. Nah, salah dua dari mereka meng-instal WordPress versi offline. Saya pun tertarik, karena saya menilai ini lebih enak digunakan dan mohon maaf, lebih bagus dari pada Multiply. Akhirnya, saya sering ke Warung Internet (Warnet). Mau ngapain? Tentu saja buat blog di WordPress. Jika temen-temen saya belajar offline, saya selangkah lebih maju, belajar langsung online. Hanya saja dompet cepet terkuras. Hiks…

Setelah yakin dengan wordpress yang dimiliki, saya melirik Blogspot. Kenapa? Karena saya sering melihat blog-blog orang lain yang di Blogspot ternyata bisa bagus-bagus? Sedangkan jika di WordPress untuk customize lebih bagus lagi kita harus memiliki domain dan web hosting (kalo tidak salah seperti itu). Saya pun mencoba mencari tahu tentang blogger.com. Ternyata di Blogspot tidak harus seperti itu, selain itu banyak widget yang suport untuk Blogspot. Sedangkan di WordPress sangat terbatas. Mungkin karena versi wordpress.com.

Riset saya pun bermulai dari mengunjungi blog luar biasa din trik-tips.blogspot.com. Disitulah saya belajar bagaimana membuat blog di Blogger.com. Karena di blog ini dibahas banyak sekali pernak-pernik tentang Blogger. Luar biasa, kenapa begitu? Kebanyakan orang jika memiliki ilmu seperti itu akan berfikir dua kali untuk membaginya dengan cuma-Cuma. Paling tidak dibuatkan sebuah buku terus dijual. Tapi masnya yang belum saya kenal kecuali identitas kendhin ini membaginya gratis. Matur nuwun sanget nggih mas-e.

Setelah beberapa hari harus buat dan hapus blog, akhirnya blog saya tercipta sudah. Dengan terciptanya blog ketiga saya ini jadi saya memiliki tiga blog. Tapi hanya dua blog yang saya akui kebenarannya. Di wordpress dengan alamat arrosyadi.wordpress.com atau bisa juga diakses melalui catatan-ringan.co.cc dan di blogspot dengan alamat ar-rosyadi.blogspot.com yang bisa diakses melalui catatanringan.co.cc.

Fiuh, ternyata ngetik kayak gini aja capek ya?! Ya udah deh, met baca-baca aja. Insa Alloh saya lagi konsentrasi buat content-nya. Tapi kuliah gimana dong? Ya dua-duanya harus tetap bisa berjalan… Semoga…

One thought on “Akhirnya Jadi Juga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s