Administrasi Pembangunan atau Pembangunan Administrasi?

Bicara administrasi pembangunan seringkali hanya menghubungkan tentang sebuah cara untuk merubah keadaan suatu negara ke arah yang lebih diinginkan. Dengan kata lain yang biasanya dibincangkan hanya sebatas bagaimana mencapai tujuan tertentu. Terlepas dari hal penting di atas, ada hal yang tidak kalah pentingnya, yaitu bagaimana membangun kinerja administator untuk menciptakan sistem administrasi yang lebih baik agar supaya dapat membawa atau melangkahkan serta kemudian menapakkan kaki negara ke tempat yang lebih baik. Dari sini kemudian penulis mencoba menghadirkan wacana Pembangunan Administrasi.

Pembangunan Administrasi sendiri merupakan suatu upaya untuk memperbaiki, membangun, meningkatkan kinerja administrasi negara berkembang ke arah yang lebih baik dan diinginkan. Menurut Chandler dan Plano dalam buku mereka yang diberi judul The Public Administration Dictionary, menjelaskan bahwa Pembangunan Administrasi merupakan suatu upaya untuk meningkatkan, memperbaiki teknik, proses, dan sistem untuk menaikan atau meningkatkan kapasitas administrasi suatu negara berkembang. Pembangunan Administrasi telah berusaha untuk mengimplementasikan birokrasi rasional berdasarkan pada kenetralan, dan kecakapan pelayanan sipil pada negara berkembang. Ini dapat berjalan di beberapa tempat, namun tidak di beberapa tempat lain.

Sebuah konsep administrasi selalu diharapkan mampu menjadikan kinerja pembangunan menjadi semakin baik, namun sedikit yang memikirkan bahwa sebuah konsep pembangunan juga harus mampu berpengaruh pada perkembangan administrasi. Pada masa lalu dikenal dikotomi madministrasi – manajemen, namun seiring perjalannan waktu, dikotomi tersebut tidak lagi dibenarkan. Seorang administrator juga harus mampu dan berkecimpung pada proses manajemen, bukan hanya menjadi aktor pelaksana saja. Karena kegagalan pembangunan terjadi salah satunya ialah perbedaan faham antara sang pengkonsep dan sang eksekutor. Maka daripada itu seorang eksekutor (dalam hal ini administrator) harus bekerja mulai dari planning ditulis.

Administrasi pembangunan harus mampu menyentuh tatanan administrasi itu sendiri. Jika tidak maka ibarat orang yang ingin memperbaiki orang lain tapi dia sendiri tidak menginginkan menjadi baik, jika seperti ini yang terjadi maka proses pembangunan akan sangat mustahi untuk di-gol-kan. Karena awal dari pembangunan negara adalah membangun administrasi terlebih dahulu. Sudahkah negara kita menyadarinya?

Di akhir tulisan ini penulis ingin mengungkapkan bahwa sebuah administrasi pembangunan tidak selamanya harus meng-copy paste dari barat (Amerika), namun sebuah Administrasi Pembangunan harus disesuaikan dengan keadaan yang terjadi dimasing-masing negara. Negara yang mampu menerapkan sistem pembangunannya sesuai dengan keadaan negara tersebut maka akan berpeluang besar untuk maju dari pada negara yang asal dalam menerapkan sebuah konsep pembangunan. Segi-segi pembangunnan yang begitu kompleks harus mampu diseimbangkan. Prinsipnya adalah membangun bersama, walaupun prioritas tetap harus ada.

3 thoughts on “Administrasi Pembangunan atau Pembangunan Administrasi?

  1. Cukup bernilai dan penting untuk menambah wawasan pemahaman administrasi pembangunan. Untuk memperluas wawasan perlu adanya informasi mengenai praktek di negara lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s