BBM Turun Lagi

Lagi-lagi pemerintah menurunkan harga BBM. Tertanggal 15 Desember 2008 pemerintah menurunkan harga Premium dari Rp 5.500/liter menjadi Rp 5.000/liter dan solar turun dari Rp 5.500/liter menjadi Rp 4.800/liter. Hal ini tentu disambut gembira oleh masyarakat. Termasuk saya yang setiap harinya mengkonsumsi premium sekitar 700 mili liter/hari.

Pemerintah sebenarnya sudah sempat menurunkan harga BBM jauh-jauh hari. Akan tetapi penurunan harga premium dari Rp 6.000/liter menjadi Rp 5.500/liter dianggap tidak pas dengan jebloknya harga minyak dunia. Kritikan demi kritikan pun dilayangkan oleh banyak pihak. Mulai dari para supir angkutan umum, mahasiswa, sampai pada beberapa pengamat politik. Jangan salah, selain kritikan-kritikan yang diatas, penurunan harga BBM juga katanya cuma buat ngangkat pamor SBY-Kala doang. Bener nggak tuh? Saya pernah mendengar iklan diradio, kira-kira kayak gini nih: “wah hebat ya pak SBY, bisa nurunin harga BBM. Presiden mana yang bisa nurunin harga BBM selain SBY. Blablabla….”. Iklan yang aneh menurut saya, karena tidak memberikan penceerdasan sama sekali. La masalah harga BBM turun itukan emang sudah semestinya turun, ya toh? La wong harga minyaknya dah anjlok duluan?!

Nah, saat ini BBM diturunkan lagi oleh pemerintah. Akan tetapi lagi-lagi ini akan menimbulkan masalah baru. Para pemilik SPBU tentu merasa dirugikan atas penurunan BBM ini. Why? Ya iyalah wong mereka belanja dari Pertaminanya dengan harga lama, dijual lebih murah. Pada akhirnya, beberapa pengelola SPBU memilih untuk tidak beroperasi dulu (BBM lama ditimbun dulu aja ah…). Apa yang terjadi? Tentu yang terjadi adalah kelangkaan BBM. Pertamina pun akhirnya menghukum SPBU yang melakukan penimbunan BBM, dengan tidak memberikan pasokan BBM selama beberapa minggu. Apa yang terjadi? Yang terjadi justeru BBM semakin sulit untuk didapatkan, BBM semakin langka. Bener-bener “solutif” ya kebijakan publik yang di ambil?!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s