Lagu: Dengan Nafas-Mu (Ungu) = Sombong

Sempatku ucap kata taubat sebelum Kau memanggilku kembali pada-Mu menutup waktuku
Sempatku seru kan nama-Mu sebelum nyawa dalam tubuhku Kau ambil kembali Pada-Mu

Temen-temen pasti pernah mendengar potongan syair lagu di atas. Yup bener banget. Itu lagu religi baru berjudul Dengan Nafas-MU yang dibawakan oleh group band yang lagi tenar-tenarnya, Ungu. Saya sendiri sebenarnya sampai terlena dengan lagu baru Ungu ini. But, stelah saya pahami, ternyata lagu tersebut memiliki kesan KESOMBONGAN. Why, yang pertama coba amati potongan syair di atas. Hmm.. ada yang aneh. Betapa PD-nya vokalis Ungu mengucapkan kata-kata seperti itu. Padahal baik atau buruk kematian sesorang tidak ada yang dapat mengetahui kecuali Alloh SWT. Seorang yang sangat sholeh saja pada masa hidupnya, bisa saja matinya suul khotimah. Apalagi seorang yang biasa-biasa saja. Keanehan lainnya ternyata group band Ungu sudah wafat toh… coba deh pahami sendiri… Baiknya kata “sempatku” yang bermakna ‘sudah‘di ganti dengan “inginku”, ini akan lebih bermakna ‘sebuah pengharapan dan doa’.
Ok, kalo misalnya Ungu berkilah “inikan lagu untuk orang lain” atau “ini lagu kan menceritakan orang lain” tidak apa-apa. Tapi kesalahan terbesar dari lagu tersebut adalah pada reff-nya.
Menjalankan segala perintah Mu menjauhi segala larangan Mu
Adalah sebaris doa ku untuk Mu

Coba deh perhatikan kata-kata di atas. Tidak ada kata yang salah dari baris pertama. Nah kesalahannya ada pada baris kedua 2 kata terakhir. Jika kata terakhir tetap “untuk Mu” dengan “Kamu” menunjuk kepada Alloh, maka kesombongan luar biasa telah didendangkan Ungu. Kenapa? Kata “untuk” bermakna kita memberikan apa kepada siapa. Dengan begitu bararti Ungu (dengan sengaja atau tidak) telah mendoakan Alloh untuk taat kepada Diri-Nya sendiri. Sedangkan Alloh adalah tempat kita untuk meminta, kenapa Alloh di doakan untuk taat kepada dirinya sendiri? Jika kita mendoakan Alloh, lalu siapa yang akan mengabulkannya? UNGU??? Mestinya kata “untuk” di ganti dengan kata “kepada”. Sehingga Alloh-lah yang akan menjadi sumber pengabul doa kita.

One thought on “Lagu: Dengan Nafas-Mu (Ungu) = Sombong

  1. Salut atas ketelitian antum…
    so kita harus hati2 memilih lagu yang baik untuk kita..
    mengenai group band ungu sendiri, menurut saya tidak ada unsur kesengajaan dari ungu untuk membuat kesan yg menurut antum termasuk “kesombongan”.
    disini saya hanya melihat kurangnya pengetahuan ilmu agama yang baik dari mereka..

    kesalahan ungu jelas beda dengan apa diciptakan Dhani Ahmad (Dewa) yang memang sengaja mempropogandakan ajaran “Widhlatul wujud” atau “manunggaling ing kawula gusti” dalam lagunya yang berjudul “satu”…

    artinya yang dapat kita ambil pelajaran disini, dalam membuat syair2 yang berkaitan dengan hubungan kita dengan Allah (hablum minannas) perlu ada kaidah2 yang perlu dipahami terlebih dahulu..
    jangan sampai maksud baik band ungu dalam rangka syiar kepada kebaikan jadi tercoreng karena kurangnya ilmu, atau malah lebih jauh jatuh kepada kesyirikan dan khurafat…
    mungkin kita bisa ambil pelajaran dari banyaknya ulama – ulama sufi yang di vonis sesat karena menciptakan syair – syair yang bathil…
    so apa yang kita sampaikan harus berdasarkan ilmu, karena semuanya akan kita pertanggungjawabkan di hari perhitungan nanti..
    Wa’allahualam bis shawab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s