Prospek Kerja Lulusan Jurusan Anda

Awalnya saya mencoba mengkotak-kotakan jurusan dengan prospek kerja kedepan. Saya bagi menjadi 2 yakni jurusan yang labelnya sudah menunjukan lulusannya kerja apa (sebut saja tipe 1) dan jurusan yang tidak mampu digambarkan ia kerja apa setelah lulus dari nama jurusannya (sebut saja tipe 2). Tipe 1 ini contohnya adalah Kedokteran lulus bekerja atau berprofesi jadi dokter, Akuntansi lulus sebagai akuntan, Kedokteran Hewan lulus sebagai dokter hewan dan lainnya. Sedangkan tipe 2 contohnya: Filsafat, Komunikasi, Ilmu Administrasi Negara, Pemerintahan, Pertanian, dll coba bayangkan lulusannya jadi apa? Nama jurusannya ga bisa melekat pada profesinya kan?
Read MOre: http://www.adipanca.net/2010/01/prospek-kerja-lulusan-jurusan-anda_5292.html

A
kan tetapi pemikiran saya berubah (terbantahkan oleh pemikiran berikutnya). Saya berfikir semua jurusan mampu memberi label pada profesi lulusannya jika lulusannya itu ahli pada ilmu yang digelutinya. Sebagai contoh, saya yakin tidak semua lulusan akuntansi itu jadi akuntan, jika lulusnya asal lulus. Bahkan saya yakin tidak semua mahasiswa kedokteran jika tamat akan jadi dokter, terlebih klo tamatan DO. Hanya orang-orang yang expertlah yg bisa. Seorang ahli hukum administrasi negara dia bisa berprofesi sebagai seorang dosen HAM, seorang ahli dalam komunikasi ia juga bisa di jadikan peneliti dan ahli komunikasi, dan lain sebagainya.Maksud dari penjelasan saya adalah bukan kesempatan yang menjadikan kita dapat bekerja sebagai ini atau itu, akan tetapi kualitas dirilah yang menciptakan kesempatan-kesempatan besar sehingga kita tinggal memilih mau ini atau tang itu. Seagai contoh: banyak temen (dan orang lain juga) yang bertanya pada saya klo lulusan AN itu kerjanya apa dan dimana sih? Saya jawab: Belajar, kuliah, adalah saat anda menuntut ilmu. Pilihannya ada 2: Mencari ijazah yang akan di gunakan untuk melamar kerja atau menjadi ahli dibidangnya? Jika anda memilih pilihan yang pertama maka anda akan dipusingkan dengan pencarian kerja itu sendiri, namun jika anda memilih pilihan yang kedua maka anda sedang meciptakan peluang.

Kenapa bisa seperti itu?
Apa yang anda banggakan dari selembar kertas jika diri kita sendiri tidak berisi?  Kosong otak ini. Jika kertas itu hilang, terbakar, habislah anda? Tapi jika anda memiliki keahlian, ijazah anda terbakar sekalipun ilmu anda masih bisa digunakan untuk menciptakan peluang demi peluang. Seorang lulusan Administrasi Negara yang ahli misalnya, ia akan lebih banyak memilih profesinya. Sebagai peneliti, penulis buku, dosen, masuk dunia perpolitikan, dan lain-lain.

Maka nikmatilah proses, perjalanan akademis ini. Anda tidak akan pernah gusar jika anda menjadi ahli. Kita akan selalu PD jika kita adalah orang-orang yang memiliki ilmu pengetahuan. Jika kita tidak bisa menjadi expert pada jurusan ato ilmu pengetahuan yang sedang kita geluti, kita harus jadi expert di bidang lain yg menurut kita bahwa kita bisa atau setidaknya kita punya like, enjoy, hobi atau apa pun itu terhadapnya. So jadilah expert untuk diri anda.

About these ads

27 thoughts on “Prospek Kerja Lulusan Jurusan Anda

  1. Pingback: Prospek Kerja Lulusan Administrasi Negara « [Catatan Ringan Si Anak Kampung]

  2. wah.. aku sangat setuju sama tulisannya..
    kalimat demi kalimat aku coba pahami dan semuanya memotivasikan aku..
    tiap pilihan memang sulit, tapi semuanya udah diatur oleh yang diatas sana.. mengapa jua kita tak berusah sekuat tenaga..
    thanx banget. !

  3. sekrang bnyak org yg bekerja tapi tdk sesuai jurusannya waktu di kuliah. contoh srjana ekonomi tapi jadi guru…ya mngkin saking sulitnya mncari kerjaan sesuai bdang akademisnya

  4. Faktor Dominan yg mempengaruhi alumni suatu PTN/PTS untuk dapat diterima di dunia kerja antara lain :

    1. REPUTASI PTN/PTS.
    Reputasi PTN/PTS berkaitan dengan history berdirinya PTN/PTS tsb yang jikalau dipertahankan dengan baik kualitas history PTN/PTS tsb akan menjadi comparative advantage PTN/PTS tsb. Akhirnya keunggulan krn faktor reputasi tinggi PTN/PTS tsb tidak hanya menimbulkan image positive thd suatu fakultas/jurusan di PTN/PTS tsb. Lebih drpd itu image positive thd suatu fakultas/jurusan pd PTN/PTS akan menjadi brand image. Membangun reputasi PTN/PTS bukanlah pekerjaan yg singkat sehingga dpt dikatakan Reputasi PTN/PTS sangat berkaitan dengan Pencapaian Akreditasi Fak/jurusan pd PTN /PTS sesuai akreditasi BAN PT. Pada umumnya alumni dari Fak/jurusan pd PTN/PTS yg reputasinya tinggi lebih mudah terserap pada pasar kerja ( Pemerintah atau swasta bonafide).

    2. JUMLAH ALUMNI FAK/JURUSAN YANG SUKSES diterima di dunia kerja atau wiraswasta sukses. bukan jumlah alumni yang menjadi pengangguran intelek ( disguised unemployment).

    3. AKREDITASI

  5. makasih, jadi pede, tapi jadi bingung, saya suka disain tapi buta warna, kalo masuk bidang tehnik males ngitung. jadi kira2 mana yang baik?

  6. Pingback: Prospek Kerja Lulusan Administrasi Negara | helenaarmadanisunawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s