Paket Unlimited Fren dan Modem CDMA Venus VT-12

Alhamdulilah… Akhirnya saya memiliki koneksi internet pribadi yang bisa digunain di dalam kamar kos. Semoga bisa istiqomah ngisi blog sederhana ini.

Mau berbagi nih. Dari dulu sebenernya dah nginceng-nginceng modem gsm, tetapi akhirnya pilihan itu jatuh ke modem CDMA. Pilih-pilih-pilih akhirnya aku beli modem Venus VT-12 ini. Ini dia spek-nya:

Jenis CDMA : CDMA 20001x RTT
Frekuensi (Band) Bekerja : 800 Mhz (Band class 0 ,mendukung Sistem A dan B) 824Mhz~849Mhz dan 869Mhz~894Mhz
Dukungan ke Layanan Provider : R-UIM Card , mengikuti standard 3GPP2
Sensifitas : -104 dBm (FER <= 0,5%) dan (-25dBm FER  Antar Muka
Tipe antar muka : USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.0
Kecepatan Provider : Uplink and downlink transmit speed ≤153.6 Kbps
Kecepatan DataKoneksi : 234 kbps

Minimum Sistem
Sistem Operasi
: Windows 2000/XP/Vista
Perangkat keras komputer :

· CD-Rom

· Ruang kosong 30 Mb pada piring penyimpanan

· Pentium II atau yang lebih baik

Tambahan
Layanan Suara : Dukungan layanan suara dengan vocoder 13Kbps QCELP dan 8 Kbps EVRC
Layanan SMS : 160 karakter 8-bit ASCII (>=7 bit ASCII)
Data : Data mode packet switch dengan kecepatan hingga 153,6 Kbps
Voltase bekerja : 5V
Chipset : QualComm MSM6025

· Mobile Wireless Internet yang dapat digunakan dimana saja, kapan saja

· Akses internet berkecepatan tinggi sampai dengan 230,4 Kbps — lebih cepat dari kabel modem dan Wi-Fi (64 Kbps), dan PSTN modem (56 Kbps)

· Menggunakan R-UIM (Removable User Identity Modul)

· Dapat juga digunakan untuk telepon dan SMS

· Support Operator : FREN(800 MHz), Flexi(800 MHz), StarOne(800 MHz),dan Esia(800 MHz)

Harganya cuma Rp. 375.000 doang dengan garansi 10 bulan. Emang sih ada yang ngasih harga lebih murah, tapi garansinya juga paling-paling cuma 1 bulan. Katanya garansi resmi pabriknya 6 bulan.

Sekarang diganti tipe VT-28. Spek-nya mirip banget. Cuma katanya dia suport dengan semua operator CDMA yg ada di Indonesia. Apa frekuensinya 800 MHz sama 1900 MHz ya???

Nah untuk kartunya aku pake Fren Duo. Awalnya sih cuma pake paket gratisan vocher lebaran itu loh. Agak risih karena ga bisa buka situs tertentu termasuk pesbuk dan wordpres tak terbuka sempurna. Aku akal-akalin ma proxy tetangga, bisa deh buka pesbuk. Nah pas gratisannya abis aku pake paket unlimited-nya.

Ada beberapa paket Unlimited Bulanan dari fren yakni:

  1. Unlimited 50.000 dengan kuota 500 MB kecepatan max 153kbps setelah abis kuota jadi 64kbps
  2. Unlimited 100.000 dengan kuota 1,5 GB kecepatan max 1024kbps setelah abis kuota jadi 64kbps
  3. Unlimited 150.000 dengan kuota 2,5 GB kecepatan max 3,1mbps setelah abis kuota jadi 128kbps
  4. Unlimited 250.000 dengan kuota 3,5 GB kecepatan maximum setelah abis kuota jadi 256kbps

(Paket 2, 3, dan 4 kecepatannya hanya bisa digunakan di daerah jangkauan Evdo Rev A/3,5 G-nya CDMA. Klo ditempat yang belum ada Evdo ya kecepatannya max 153kbps aja).

Nah akhirnya aku pake yang paling murah, 50 ribu doang perbulan dengan kirim sms ke 777 dengan format REG<spasi>MAX50. Ntar dapet balesan user dan paswordnya. Sampe saat ini sih aku nilai lumayan, meskipun belum puas. Setidaknya ini bisa menjadi alternatif diantara mahalnya harga Speedy dan juga paket GSM. O iya, kalo tarif volume base regulernya Rp. 1/kb.

Fren Juga ngeluarin produk khusus internetan yang sekarang iklannya dah tanyang di TV, Mobi. Hampir sama, bedanya volume base regulernya Rp. 0,1 / kb. Tapi aku belum pernah nyoba…

93 thoughts on “Paket Unlimited Fren dan Modem CDMA Venus VT-12

  1. kami menggunakan cdma vennus, untuk daerah yang blank karena daerah area kami pegununga. dan ini sedang membutuhkan cd drivernya yang hilang, buat menginstalnya atau boleh dikatakan kami butuh softwarenya.

  2. Saya tidak bisa menggunakan venus vt-12 di mini notebook saya karena resolusi yang diminta 800 x 600. Sedangkan mini notebook beresolusi 1024 x 576. Tolong bagaimana settingnya agar bisa jalan di mini notebook. Thanks.

    • Hmm.. Saya blom pernah pake mengalami ini, tapi coba sebelum instal ubah dulu resolusi notebooknya. Coba nanti saya cari temen saya yg punya notebook yg resolusinya segitu…

  3. seeppp……q pengen kasih review juga….dl q pake IM2 Broom Classic,ini yg g unlimited…bener sech koneksi cuuueepeet bngt…tp pulsa cepet abiz, maklum masih mahasiswa, yg penting murah dulu..hehe.
    akhirx muter2, browsing n nanya2… jatuh hati ma produknya MOBILE8, sebenernya pengen MOBI, tp kosong trs d galery mobile8 nya, iseng2 nyoba fren yg unlimited 50rb tapi pake modem yg SPEED UP 3G SU-6350-U,bisa buat SMS n telpon juga. cukuplah buat browsing, cari referensi n yg pasti fesbukan…hohoho…

    PUAS BANGEETTSS..lumayan di daerah yg agak pegunungan yg jarang sinyal, di Villa Bukit Tidar Malang, masih stabil koneksinya…

    setelah tes dapet DL==0,13 Mbps, UL==0,04Mbps, hasil tes dr http://www.speedtest.net

  4. @ Yudi: kadang-kadang aja atau selalu?
    Saya pernah mengalami itu, tapi yang saya alami karena jaringannya. Ditempat temen saya ternyata jaringan fren lemah, jadi nggak terlalu bagus buat fren internet. Yg saya tahu modem venus emang nggak sebagus HP dalam menerima sinyal.
    Tapi klo jaringan ditempat anda bagus kemungkinan venus-nya yg bermasalah. Coba ditempat yg pasti dapet sinyal (digerai fren misalnya). Sekalian tanya ma CS Fren, klo di situ ga ada sinyal juga bisa jadi venusnya rusak. Tapi klo di situ ada sinyal kemungkinan 2. 1 ditempat anda jaringannya susah, 2 driver modem/usbnya bermasalah…

  5. dulu,aku internet pake fren…..tapi yang gratongan….kecpt mak wussh….sekarang…..internet pake fleksi…..mak wush…..lancar….tapi yang gratongan….,setelah aku bangun tidur…wah itu hanya mimpi semalam…ini serius kalo gue mending fren unlimited ..udah murah kadang dapet kec 175 kbps mak wush…..o ini aku udah bangun dari mimpi ….xixxixi

  6. Bisa gak ya modem speed up 6350U pake kartu flexi, gimana atuh caranya n’ gimana perbandingannya kalo kita make fren. tolong dong bagi infonya…

  7. Yg saya tahu model itu sama seperti Venus-ku, yakni Modem CDMA dg frekuensi 800mgz. Jadi bisa bwt fleksi, fren, dan esia. Cuma pertanyaanya udah dilock ama 1 operator ato blom (aku blom tau). Bedanya ada embel2 3G, yg perlu diinget 3G/3,5 CDMA/GSM tdk akan pengaruh pd kecepatan klo kmu diluar jangkauan.Untuk CDMA yg aku tau baru jabodetabeka…

  8. o iya, perbandingan antara fren & fleksi ga jauh beda sih, dari kecepatan ataupun stabilitasnya. Cuma pengalamanku gini, fleksi itu kadang2 diskonek sendiri jadi harus dikoneksikan lagi, klo fren kadang ga nyambung, harus didiskonek dulu baru dikoneksikan lagi…
    Enaknya pake fren mereka ada mobi, yg tarifnya Rp 0,1/kb sedangkan enaknya fleksi ada paket unlimited harian, meskipun agak repot. Keunggulan fleksi pada jaringan yg lebih luas (untuk didaerahku, Jogja)…
    Intinya sih semua produk ada kelebihannya, tinggal dilihat dulu didaerah kita masing2 mana yg lebih bagus jaringannya dan dirasakan aja paling enak kita peke operator mana. Klo aku sih akhirnya balik lagi ke fren…

  9. Kecepatan download? Pake IDM?
    Yg saya tau rata2 normalnya emang segitu. Punyaku pake Fren pernah sih sampe 20 kbps/sec, tapi cuma pas hari itu doang. Kecepata transmitnya kan rata2 60-100 kbps doang….
    Coba bandingin dg produk Flash misalnya yg sampe 256 kbp, kecepatan downloadnya rata2 15-20 kbps/sec. Ya harga sebanding dengan kualitas…

    Tapi itu juga tergantung sibuk/nggaknya jaringan bro, aku dulu sempat kaget karena kecepatan downloadnya sampe 100 kbps/sec. (nah lo…)

  10. Kecepatan download dipengaruhi oleh paket yg di pake, misal fren ada paket 50rb yg kecepatan max hanya 153 kbps, 100rb dll (liat catatan diatas). Fleksi yg anda pake kan paket 153kbps dg harga 50rb juga kan, jadi maklum klo kecepatan downloadnya sgitu…
    CDMA dimana2 masih sama kecepatannya, kecuali klo kmu menggunakan modem yg 3,5 G dan tempatmu dukung evdo (3,5 G nya CDMA). Daerah jangkauan evdo setauku masih didaerah Jabodetabeka, sedangkan yg lain blom, jadi klo pake modem 3,5 G dan peket mahal juga sama aja dengan paket yg 50 rb….

  11. kalo gue sih pake flixi tapi ,.,.,.,.,.,.,.,.biasanx sih agak teoutus putus,.,.,,..,jaringan flixi juga sangat buruk padahal didekat eumah gue ada towernx flexi

  12. saya juga pakai venus , pakai fren jg,,, kadang kadang koneksinya gak nyambung2, kalau hari pertama sih lancar. hari kedua susah conect….kenapa ya,, apa dari providernya fren ya.

    • Setahu saya jatah unlimited fren cuma 500 mb, setelah hbis 500 mb-nya kecepatan yg tdinya sampe 153 kbps akan turun jadi 64 kbps aja. Klo hari pertama dihaisin downlod ya hari berikutnya tinggal kayak siput. Untuk hari2 kemaren fren juga lgi ngalamin problem jaringan, jadi kurang nyaman bwt brosing…

  13. kk modem ku venus vt-12 juga kok aku download nya cuma 2 kbps gak sampai truss klo pake idm kecepatan download nya cuma 5-10 kbps kk apa nya yg salah ya mohon bantuan nya klo sinyal bagus kok aku pake flexy unlimited yg per bulan kk

    • aku juga sekarang agak kecewa dengan fleksi, karena buat download (tanpa IDM) ga bisa sampe 5 kbps pun. Nah jadi kesimpulan awalku klo sinyal fleksinya bagus, masalahnya ada pada fleksinya, mungkin mreka sedang mengurangi “jatah”…

  14. betul bos . flexi kadang nyambung kadang ga….fren pesbuk aja sulit kadang konec kadang ga ada trasnfer data, pake m2 mahale setengah mati.pake telkom flash sekarang adanya 170 ribu perbulan.pake smart sinyal kagak ada(Putusnyambung sragen pinggir)……….pokoke penggemar google masih mengenaskan……dilema pilihan.

  15. boss, aku mw ganti flexy ku pke MOBI, aku dijakarta gmna ya kira2x, bagus ga ya?
    modem ku venus vt-12, kadang2x kalo pake flexy suka cape sendiri nugguin buka google/fessbukk, kadang2x aku angaap modem ku modem ga guna, gmna ya kalo saya ganti MOBI yg paketan 50rb, bagus ga ya??

    tolong pencerahan’y

    • Saranku coba pake Freen unlimited dulu. Beli perdana Fren perdana kan murah, cuma 3000an, trsu di isi 50000. Klo fren bagus InsaAlloh Mobi juga bagus, kan fren sama Mobi sama aja…

  16. Memang betul… aku pernah pake Flexi + Venus VT12. Hasilnya MENGECEWAKAN … koneksinya ga stabil… bahkan sering putus…walaupun signal full…… Setelah itu aku coba pake Fren dengan modem yang sama.. koneksinya cukup stabil…n jarang putus…

  17. Kalau di Bandung, daerah buah batu. koneksi internet Fren bagus ngga ? saya ada kepikiran mau ambil paket Fren Mobi yg 50rb/bln untuk 500mb
    Saat ini saya pake starone. Ada yg tau bagus mana koneksinya ?
    Thanks

    • Yg saya tahu starone ada paket promosi yang bayarnya 125rb/bulan dngan kecepatan 153kbps tanpa kuota, artinya dari tanggal 1 sampe tanggal 30 pun kecepatan tetep sama. Tap nggak tau masih apa nggak masa promonya. Klo masalah sinyal, maaf saya kurang tau…

      Saranku klo pengen pake Mobi, coba pake Freen unlimited dulu. Beli perdana Fren perdana kan murah, cuma 3000an, trsu di isi 50000. Klo fren bagus InsaAlloh Mobi juga bagus, kan fren sama Mobi sama aja…

  18. boss saya pake VT12 belum bisa connect ke notebook OS Vista Home Premium, saya coba install di komputer OS XP bisa connect…gimana boss bisa bantu? udah 3 hari nih ga terdeteksi vt12 nya…mumet boss,,bantu solusinya donk

    • Aku pernah instal di vista juga windows 7 baik2 aja tuh. Coba liat Vistanya. Apakah premium atau home basic atau malah vista yg cuma 1 cd (bukan DVD). Klo vistanya udah premium (bisa dilihat misalnya bentuknya DVD ada tulisan ultimate) insa Alloh bisa, tapi klo vistanya yg saya sebutkan di atas, nggak bisa detek USB keluaran baru

  19. aku pengguna
    freen venus vt 12 untuk browsing sih ok
    padahal sinyal 3 sampai
    4,5
    tapi kenapa selam ini kl buat download file 15 mb gak pernah bisa
    petunjuk pengguna fren venus vt 12 email aku kl ada tutorial nya dikirim aj Batok0123@yahoo.com

    • Nggak bisanya kenapa mas? Gagal?
      Trus downloadnya dari mana? Rapid? 4shared?
      Soalnya saya pernah download 50mb dari 4shared berhasil tuh, meski nunggunya lama bgt.

  20. buat venus vt-18 tu yang speednya lumayan pake mobi, flexy, starone, smart, or yang mana ni?? cz q pake flexy speednya naudzubillah lemotnya

    • vt-18 itu udah Evdo Rev A, jadi bisa digunain bwt yang punya layanan 3G-nya CDMA. Dengan catatan mas ade berada dijangkauan evdo. Pake Mobi atau Starone menurutku lebih bagus, tapi semua tergantung lokasi mas, klo lokasi mas yg bagus jarinan fren ya berarti pake fren aja. lebih maksimal lagi klo peketannya menggunakan paketan evdo (bulanannya mulai 100ribuan ke atas)

  21. aq pake venus vt 12 kartunya fren unlimited yg 50, tidak semua web bisa dibuka…loadingnya lama buanget bahkan gak bisa dibuka….tp untuk facebook kok lancar2 aj..browser pake mozilla…ada yang bisa bantu..??

  22. Setelah dapat rekomendasi d pameran Komputer di Landmark Jl.Braga Bandung Aku langsung Beli Venus VT12 & Fren Sobat setelah d coba d rumah ternyata OK..! sekarang gak pake lama selalu lancar dalam berselancar….! Terimaksih Venus VT12 & Fren sobat

  23. gw nyobain Fren sama Flexi, dari hasil keduanya menurut gw lebih baik flexi timbang Fren. Kalo Fren make yg volum base lebih cepet tp kalo make yg unlimited lemotnya minta apyun boss, malah gak bisa browsing.
    Lebih baik kalo mau make Fren pikir2 dulu dah..
    oia sebagai keterangan tambahan gw nyoba internetan di manado, terus juga dulu sekitar taun 2005-2008 gw pernah kerja di ISP di jakarta, tepatnya di gedung Landmark dan di ISP itu juga kita pernah ada kerja sama dg Fren juga dan hasilnya menurut gw masih sama aja..tetep lemot!!

  24. dr comment2 yg sy baca di atas, hampir semua bahas ttg operator flexi, fren & starone. kenapa smart & esia jarang yg bahas, apa karena kurang pengguna-nya ataukah kurang bagus sinyalnya atau mungkin alasan lain.
    mhn pencerahannya, karena sy rencana mo coba pakai smart atau esia. mhn masukan-nya, thanks.
    ditunggu segera infonya.

    • Aku udah bandingin sama 2 smart temenku (yg 1 paket gratisan, yg satu berbayar) dan hasilnya aku leibih milih fleksi/fren (yg gratisan lemotnya minta ampun,yg berbayar lemot jg). Klo esia kecepatannya biasa tapi bayarnya mahal, paket reguler esia Rp. 250/menit

    • Saya pernah menginstal VT12 ke laptop temen saya (Osnya Windows 7 Ultimate) dan berhasil. Coba cek resolusinya, soalnya VT12 bisa jalan di resolusi min 600×800

  25. Boz…
    Fren makin lelet, mending pake fleksi aja…
    Beneran, klo pake fren download dari indowebster aja kayak siput apa lagi dari server luar…

  26. mas sya pake venus vt-28 katanya sih bisa pake kartu smart emang gmana gitu caranya , trus emang beneran bisa vt-28 pake smart ? balasnya

    • Wah, maaf.. saya kurang tahu klo VT-28 bisa bwt fren. Yg saya tahu Vt-28 hampir sama deng Vt-12, hanya bisa di frekuensi 800 mhz, sedangkan smart satu2nya cdma yg memakai frekuensi 1900 mhz

  27. nanya nihh, tolong informasikan yaa..??
    gimana ya caranya mereset username & pasword untuk fren unlimited 50..??
    coz user name & paswordnya lupa kecatat..

  28. saya mo nanya ni mas,flexi saya ga bia buat masuk fb napa ya???tapi,buat browsing lancar tpi buat masuk fb ga bisa napa ya mas….thanks tas informasinya..

    • Banyak kemungkinannya mas, klo ga bisa buka facebook sama sekali
      1. Bisa jadi facebook lagi down
      2. Bisa jadi fleksi lagi membatasi akses ke facebook
      tapi klo bisa buka facebook tapi ga bisa login kemungkinannya ada lagi
      1. Username&password coba perhatiin lagi
      2. Jangan2 masih dibuka ditempat lain/dibuka temen yg tau username&password facebook kita
      3. Sedang dikerjain temen dengan menggunakan facebook freezer (beberapa bulan yg lalu aplikasi ini beredar, gunanya agar pengguna facebook yang dimaksud tidak dapat login, selama aplikasi itu dinyalakan)

  29. mau tanya nih…
    kaLo saiia pake vt 12.
    saiia di bekasi, apa saiia bisa pake freen duo yg paket unlimited 150000.???
    mohon informasi’a…

    • Setauku Bekasi udah masuk jangkauan Evdo, jadi bisa pake paket yg segitu.
      Untuk informasi lebih lengkap bisa call Customer Care di 888 dari nomor Fren atau 0888 185 6868 dari PSTN/Selular lain

  30. Pingback: Paket Internet Unlimited Murah CDMA Starone « [Catatan Si Anak Kampung]

  31. nunut komen.. Ak mau bli modem tpi msh bngun..hmpir pingsan lagi..hehe., mas rossid bsa minta no tlf pa imail.., mau tnya tpi lg males ngetik.. Ni nmr hpku.. 085727946790 ak lg butuh bantuan.. Teng..ya..

  32. aku beli venus vt-12. modem ok, tapi ga tahu kenapa ga cocok sama kartu starone. dua kali beli kartu baru error mulu, dibilangnya memory sms di kartu sudah penuh dan error. modem ini bisa sms dan telpon, sms oke tapi kalo buat nelpon handsfree nya jelek, bisa denger tapi yg disebrang ga jelas denger suaraku

  33. aku pakai VT-12, udah cukup lama pakai Fren n untuk yg paket 50rb setengah tahun aku pakainya..dulunya sih lancar..tp kok 2 bulan ini lelet nya minta ampun ya..share dunk untuk pemakai fren max50 dan klo ada solusi tuk ningkatin speed bagi2 dunk…dengan speed yg super lelet ini jd ga isa ngapa2in..ga isa kerja je..klo pkai paket reguler dengn mengganti pwd n username dengan m8. krasa bgt bedanya..tpi pulsanya cepet bgt kesedotnya..klo menurutku ini bukan masalah penurunan speed yg diakibatkan kuota 500M habis krn sebelum ngisi n sesudah ngisi paket max50 tidak ada perubahan speed. tetep lambreta

    • Bener bgt mas, aku juga merasakan leletnya minta ampun. Nggak kaya taun 2009 atau awal taun 2010. Mungkin karna udah banyak yg make jadi jaringannya sibuk, atau fren nurunin kecepatannya???

  34. numpang tanya neh… bedanya fren sobat ama mobi apa ya?? modem ak pake venus Vt21. thx. b4r..

    Lidia

    • Bedanya hanya pada tarif regulernya. Mobi tarif regulernya Rp 0,5/kb pada saat happy our 0,1/kb sedangkan fren tarif regulernya Rp 1/kb

  35. ass… Alhamdulillah aqu pake Venus 12 dengan provider Flexi cepat buanget, sekali enter langsung akses, kalau pake GSM mahal… apalagi sperti saya bidang penjualan pulsa multi operator, kan membutuhkan akses yang speed untuk melayani kebutuhan pelanggan.. terima kasih

    • Laptop atau Netbook mas?
      Pengalaman saya untuk laptop lancar2 saja. Dari windows xp, vista, seven juga. Pengalaman saya lancar2 aja. Tapi klo netbook sering bermasalah di resolusi yang kurang. Semoga membantu

  36. sya juga pengguna frend..saya tinggal di bajat baru kalsel kurang lbih 5klo mtr dri menara bts ..terus saya ambil solisi memakai anten interna lumaya signal full..tapi yang bikin saya gak mengerti bila membuka jendela wap yang kecil dia sangat cepa tapi besar sediki seperti membuka gambar yang rosulusinya 150kb..lamatnya minta ampu..dan untuk mendownload cukup 1mb aja gak bakalan bisa emang frend tu gimana ya…mangkanya pengguna frend di tempat aq kayanya mulai sepi…sebab cukup mengecewkan..tidak sesuai yang ada pad iklan dgn kecpatan yg menjanjikan dgn jumlah kuota yang lumayan besar kayanya percuma..mungki dalam waktu dekat frand di kalsel mulai tidak ada pelangganya…

  37. Saya memakai modem venus dan ingin menggunakan fren sebagai modem. Tetapi saat diconect ke internet tidak bisa. Bagaimana caranya agar fren bisa digunakan sebagai modem?

  38. sy pake venus vt80, kemarin si pake pleki, tapi konek ke lepinya ampun deh, lama banget….sering putus lage…hadeeee…ya akhirnya tetep pke fren, pke paket 50 rebu…hari prtama lmyan, hari ke 15, kaya siput…..

Leave a Reply

