Definisi Kebijakan Publik

Berbicara dalam Ilmu Administrasi Negara tidak pernah lepas dari pembicaraan tentang Kebijakan Publik. Ini memang dikarenakan Kebijakan Publik merupakan kajian utama dari Ilmu Administrasi Negara. Lalu apakah yang dimaksud dengan Kebijakan Publik?

Chandler & Plano (1982) dalam kamus “wajib” Ilmu Administrasi Negara, The Public Administration Dictionary, mengatakan bahwa: “Public Policy is strategic use of reseorces to alleviate national problems or governmental concerns”. Secara sederhana dapat diartikan bahwa kebijakan publik adalah pemanfaatan yang strategis terhadap sumber daya yang ada untuk memecahkan masalah publik atau pemerintah. Chandler & Plano lalu membedakannya atas empat bentu, yakni: regulatory, redistributive, distributive, dan constituent.

Dalam bukunya Harbani Paolong (Teori Administrasi Publik: 2007) terdapat beberapa pengertian Kebijakan Publik dari beberapa ahli. Thomas R Dye (1981), mengatakan bahwa kebijakan publik adalah “apapun yang dipilih pemerintah untuk dilakukan atau tidak dilakukan”. William N Dunn (1994), mengatakan bahwa kebijakan publik adalah rangkaian pilihan-pilihan yang saling berhubungan yang dibuat oleh lembaga atau pejabat pemerintah pada bidang-bidang yang menyangkut tugas pemerintahan, seperti pertahanan keamanan, energi, kesehatan, pendidikan, kesejahteraan masyarakat, kriminalitas, perkotaan dan lain-lain.

Sementara itu, Shiftz & Russel (1997) mendefinisikan kebijakan publik dengan sederhana dan menyebut “is whatever government dicides to do or not to do”. Sedangkan Chaizi Nasucha (2004), mengatakan bahwa kebijakan publik adalah kwenangan pemerintah dalam pembuatan suatu kebijakan yang digunakan ke dalam perangkat peraturan hukum. Kebijakan tersebut bertujuan untuk menyerap dinamika sosial dalam masyarakat, yang akan dijadikan acuan perumusan kebijakan agar tercipta hubungan sosial yang harmonis.

Dari beberapa definisi kebijakan publik di atas, dapat dikatakan bahwa kebijakan publik merupakan: (1) keputusan atau aksi bersama yang dibuat oleh pemilik wewenang (pemerintah); (2) berorientasi pada kepentingan publik dengan dipertimbangkan secara matang terlebih dahulu baik buruknya dampak yang ditimbulkan; (3) untuk melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu; (4) dari hasil diskusi kelas saya menghasilkan “kebijakan publik adalah aksi pemerintah dalam mengatasi masalah dengan memperhatikan untuk siapa, untuk apa, kapan, dan bagaimana?

Apa contoh kebijakan publik? Contoh dari kebijakan publik yang melakukan sesuatu yaitu kebijakan menaikan harga BBM, kebijakan BLT, kebijakan tentang sunset policy dalam hal perpajakan, dan lain-lain. Sedangkan contoh kebijakan untuk tidak melakukan sesuatu yakni berdiam diri saat kapal perang malaysia masuk perairan kita, atau tidak ambil pusing atas kasus manohara pinot dan lain sebagainya.

Semua kebijakan baik yang melakukan sesuatu maupun tidak melakukan sesuatu pasti memiliki dampak/akibat yang ditimbulkan. Misalnya saja kenapa angkatan laut kita tidak melakukan penembakan (katanya jika sudah berkali-kali diperingatkan tapi masih membandel boleh ditembak) saat kapal perang malaysia menerobos batas, hal ini dilakukan karena dengan pertimbangan jika dilakukan penembakan akan memperkeruh suasana sehingga hubungan diplomatis kedua negara tetangga akan semakin runyam. Perang ujungnya.

Begitu definisi kebijakan publik yang bisa saya publish. Untuk lebih mendalami silahkan baca buku-buku yang saya sebutkan di atas dan juga bacaan-bacan lainnya yang mendukung.

gambar dari : http://io.ppi-jepang.org/images/0503/image007.gif

About these ads

55 thoughts on “Definisi Kebijakan Publik

    • Prinsipnya kebijakan publik adalah sebuah kebijaksanaan untuk kepentingan publik.

      Dalam kajian administrasi negara kebijakan publik itu berasal dari lembaga pemerintah (atau elemen yg memiliki otoritas lain) untuk kepentingan publik (masyarakat). Jadi diterapkan bukan hanya pada pemerintah saja, karena public disini bukan hanya pemerintah saja, tapi juga civil society, swasta, masyarakat biasa seperti kita malah lebih kental disebut publik…

  1. assalam.
    menarik skali artikelnya mas….
    namun ada satu hal yang sedikit berbeda dengan pemahaman saya. yakni mengenai contoh sikap pilihsn pemerintah untuk tidak melakukan sesuatu. menurut saya contoh itu kurang pas.
    sikap diamnya pemerintah dapat dilihat dari tdak dikeluarkannya kebijakan eksport rotan keluar negeri. sementra qta fahami bersama bahwa eksport itu baik. pilihan bagi pemerintah untuk tidak melakukan sesuatu atas pertimbangan dampak yang akan ditimbulkan dari eksport yang akan mematikan industri rumah tangga dalam negeri.

  2. Mas,mau nanya.. Sbenarnya makna ‘publik’ dlm adm.publik tu apa ya?
    Trus bs ga d kasi tokoh2 yg punya pndapat tntg tu..
    Thx

    • siang tolong dong bantuing saya ada tugas PKn buat makalah. Hak Warga Negara. tolong dibuat ia. thx kalau uda send ke Email saya.

  3. ass mas, mksih ya artikelnya, sy jd byk tw, trz klo blh ditambahin dunk mas, klo kita tamat kul tentg kebijakan publik. kita kerja dibagian kantor mana?

  4. Pingback: Kebijakan Publik « hajatil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s