Nasib Anak Jalanan, di Hari Anak Nasional

Raperda Gepeng dan Anak Jalanan yang sempat ditentang oleh gepeng dan anak jalanan yang didampingi sejumlah LSM di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 2008 silam kini kembali mencuat kembali ke permukaan. Raperda Gepeng dan Anak Jalanan ini sebenarnya sempat dihimpun bersama-sama dengan LSM dan stakeholder lain yang memiliki perhatian terhadap anak jalanan di tahun 2008. Namun belum juga menemui titik temu. Raperda ini sendiri dimaksudkan untuk menangani permasalahan gepeng dan anjal di DIY. Namun berbagai kalangan menilai raperda tersebut bersifat represif dan bertentangan dengan hak asasi manusia.

Raperda yang digagas sejak 2007 ini kembali digodog oleh biro hukum dan ditargetkan disahkan menjadi Perda pada tahun 2011. Kepala Dinas Sosial DIY, Sulistyo, mengatakan bahwa Perda itu juga mengatur soal peran dan kewenangan masing-masing instansi di DIY dalam penanganan anak jalanan secara rinci (tvone.co.id, 9/6/10). read more http://www.adipanca.net/2010/08/nasib-anak-jalanan-di-hari-anak_9432.html Continue reading

Mimi Tiweng, Primadona Ronggeng Terakhir

Masih adakah ruang yang tersedia untuk menyaksikan Mimi Tiweng menari? Primadona ronggeng ketuk dari Dusun Tlakop (Desa Telagasari Kecamatan Lelea Kabupaten Indramayu, Jawa Barat) itu terakhir kali tampil memesona dalam pergelaran di Gedung Negara Cirebon, awal Desember tahun lalu.

Penampilannya di depan publik yang sebagian besar terdiri dari pejabat itu bkan hanya yang pertama kali setelah cukup lama istirahat. Sebelumnya, ia lebih banyak di rumah mengurus suaminya, Waryim (75 tahun). Padahal dulu ia merupakan seorang primadona.

read more http://www.adipanca.net/2010/08/mimi-tiweng-primadona-ronggeng-terakhir_5652.html Continue reading

Anak Jalanan, Penentu Masa Depan Indonesia Juga

Malam semakin larut. Udara dingin semakin menusuk tulang-tulang sendi. Namun Budi (bukan nama sebenarnya) masih terjaga sembari menenteng gitar kecilnya. Pintu demi pintu kendaraan beroda empat yang terhenti di lampu merah jalan lingkar selatan Yogyakarta coba diketuknya, tetapi setiap kali Budi hendak memetik gitarnya seseorang yang berada di dalam kendaraan tersebut menunjukkan telapak tangannya. Setelah lampu hijau menyala Budi kembali duduk dipinggiran jalan bersama temannya. Mereka terlihat lusuh, tak ada receh di tangan.

Fenomena di atas baru saja saya temui 17 Juli lalu, ini hanyalah secuil gambaran dari permasalahan kompleks anak jalanan. Sudah hampir jam sebelas malam dua anak jalanan yang saya taksir berumur sekitar 13 tahunan itu masih terus berusaha mengais rupiah, berharap kemurahan hati para kendaraan bermotor, khususnya mobil. Namun selama pengamatan saya tidak ada satu pun mobil yang membukakan kaca pintunya.

read more: http://www.adipanca.net/2010/07/anak-jalanan-penentu-masa-depan_3701.html

Continue reading

Ayo Mengenal Kaskus Lebih Dalam

Ngapain Ngaskus? Ga ada gunanya & Buang2 waktu aja!

Pertanyaan+pernyataan di atas emang asli begitu gan. Begitulah pemikiran ane waktu masih jadi ababil dan blom mengenal Kaskus dengan baik. Waktu itu temen ane ada yg hobinya ngaskus terus tiap malem, akhirnya ane penasaran apa sih kaskus? Ko temen ane itu sampe dibela2in malem2 ampe pagi ke kampus buat ngaskus doang?

more: http://www.adipanca.net/2010/07/ayo-mengenal-kaskus-lebih-dalam_6689.html

Akhirnya ane buka kaskus bwt yg pertama kali gan. Ane coba2 buat akun kaskus juga. Tapi setelah ane pikir2 ngaskus itu cuma sia2 aja gan, ga ada untungnya, bahkan cuma ngabisin uang jajan ane aja buat pergi ke warnet. Kesimpulan ane waktu ntu kayak judul di atas, Ngapain Ngaskus? Ga ada gunanya & Buang2 waktu aja! Continue reading

Ke(tidak)bijakan Tarif Dasar Listrik

Kamis 1 Juli 2010 Perusahaan Listrik Negara (PLN) resmi menaikkan Tarif Dasar Listrik (TDL). Hal ini sekaligus mengabaikan berbagai keberatan dari berbagai kalangan yang kian meluas termasuk dari Serikat Pekerja PT PLN.  Padahal berbagai macam alasan keberatan yang diutarakan tidak mengada-ada. Dari mulai ketakutan akan naiknya harga produksi di ranah industri sampai pada ketakutan di ranah rumah tangga akan ikut naiknya kebutuhan pokok. Di sisi lain, alasan mendasar kebijakan pemerintah menaikkan TDL belum terungkap secara transparan (Kompas, 14/7/2010). Continue reading

Joe Cole Berlabuh di Anfield

19 Juli 2010 situs resmi Liverpool telah mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani kesepakatan dengan ex Chelsea, Joe Cole. Joe Cole yg bebas transfer ini memilih bergabung dengan Liverpool ketimbang arsenal, totenham,dan ac milan yg juga meminatinya. Hal ini tentu berita gembira bagi The Reds yg telah kehilangan Benayoun ke Chelsea (kayaknya cuma tukeran doang). JoeCole selanjutnya akan mengenakan nomor punggung 7…

Belajar dari Cowboys in Paradise

Akhir april 2010 publik dihebohkan dengan film yang berjudul Cowboys in Paradise. Film dokumenter garapan Amit Virmani ini mengusung tema sex-tourism dengan mengisahkan bagaimana kehidupan gigolo di Bali. Tidak diketahui dengan pasti motif sutradara dari Singapura itu dalam pembuatan film ini, namun film ini menjadi pukulan telak masyarakat Bali dan kepariwisataan Indonesia pada umumnya. Berbagai bentuk protes masyarakat Bali terhadap film ini terus berlangsung karena film ini dianggap mencemarkan nama baik sekaligus memrosotkan pamor pariwisata Bali di mata internasional. Hal ini tentu saja berpengaruh pada bisnis pariwisata nasional karena Bali merupakan salah satu tempat wisata andalan Indonesia yang paling banyak menyerap turis baik lokal dan mancanegara.

Continue reading